LIPUTAN KHUSUS: Penghargaan Keselamatan dan Lingkungan Sektor Pertambangan 2013

Katiga Ditjen Minerba

PARA PERAIH PENGHARGAAN BOLEH BERBANGGA ATAS KERJA KERAS MEREKA. SEMENTARA YANG BELUM, HARUS MEMACU DIRI MELAKUKAN IMPROVEMENT BIDANG K3L. ADA LIMA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG MEMPEROLEH ANUGERAH PENGHARGAAN TERBAIK DARI KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL (ESDM).

Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Ditjen Minerba) Kementrian ESDM kembali menggelar acara tahunan penyerahan penghargaan untuk pengelolaan keselamatan pertambangan dan lingkungan pertambangan. Penghargaan tahun 2013 ini terdapat lima perusahaan penyandang gelar sebagai perusahaan terbaik di antara puluhan peraih penghargaan bergengsi tersebut.

Anugerah penghargaan berupa trofi dalam pengelolaan keselamatan pertambangan terbaik di sektor pertambanagan minerba diberikan kepada PT Tunas Inti Abadi untuk kelompok IUP dan PT Cipta Kridatama site PT Tunas Inti Abadi katagori Kontraktor Utama Jasa Pertambangan. Sementara itu, trofi penghargaan terbaik dalam pengelolaan lingkungan pertambangan dianugerahkan kepada PT Vale Indonesia-Tambang Sorowako untuk kelompok mineral (kontrak karya) PT Kideco Jaya Agung untuk kelompok batubara (PKP2B) dan PT Cibaliung Sumberdaya untuk kelompok IUP.

Meski tidak dihadiri oleh pelaksana tugas Menteri ESDM Chairul Tanjung, acara yang digelar di Hotel Bidakara Jakarta, 16 September 2014, tetap dipadati oleh para petinggi perusahaan dan tokoh pertambangan.

Menurut R. Sukhyar, Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM, pengelolaan keselamatan kerja dan lingkungan merupakan faktor yang menjadi kunci penentu kinerja kegiatan usaha pertambangan. “Selamat untuk para peraih penghargaan, sehingga bisa menjadi contoh untuk perusahaan yang lain,“ ujar R. Sukhyar. Baca Selanjutnya.