KEBAKARAN: Tujuan Fire Drill dan Manfaatnya

KebakaranKEBAKARAN MERUPAKAN BENCANA LATENT YANG DAPAT TERJADI SETIAP SAAT, DI MANA PUN, DAN DAPAT MENIMPA SIAPA PUN. NAMUN, MENGAPA BANYAK PERUSAHAAN TIDAK MELAKUKAN FIRE DRILL  SEPERTI DIANJURKAN?

Fire Drill lengkap adalah latihan pemadaman kebakaran agar kita siaga, waspada dan terampil menghadapi kebakaran. Latihan pemadaman kebakaran ini meliputi: (1) Fire Prevention (Pencegahan), (2) Fire Repression (Pemadaman), (3) Fire Evacuation (Evakuasi). Beberapa alasan tidak dilakukan Fire Drill adalah sebagai berikut: (1) Terkait dana yang dirasakan mahal, (2) Banyak waktu terbuang, (3) Kurang memahami, (4) Selama ini tidak dilakukan pun aman tidak ada kebakaran.

Tujuan Fire Drill dirancang dan dilakukannya pelatihan adalah agar: (1) Semua sarana deteksi dan alarm bekerja sesuai ketentuan berlaku, (2) Sarana pemadam api APAR, sistem siap dan berfungsi, (3) Penghuni bangunan siaga, waspada bahaya kebakaran dan terampil, (4) Penghuni bangunan terlatih dapat dengan tenang dan aman keluar gedung bila terjadi keadaan darurat.

Pada dasarnya Fire Drill tidak semata untuk kebakaran. Memahami alur evakuasi dari sebuah bangunan akan membantu manusia pada saat pemadaman listrik, kebocoran gas atau bahan kimia, huru hara, atau keadaan darurat lain di tempat kerja. Dengan Fire Drill memastikan pekerja keluar dari bangunan pada waktu ditentukan dan tahu tujuan ke Tempat Berkumpul (Assembly Area) yang juga akan menolong pekerja yang tak terdata atau tamu pada saat keadaan darurat sebenarnya terjadi.

Penjelasan Fire Drill Uraian perencanaan tugas dan tanggung jawab pada saat keadaan darurat Fire Safety & Evacuation dan latihan berkesinambungan dibutuhkan untuk  memastikan staf  tetap siaga terhadap tugas dan tanggung jawab di bidangnya. Fire Drill menghadirkan kesempatan bagi staf dan anggotanya untuk mendemonstrasikan  dalam suatu simulasi mereka dapat melaksanakan tugas tanggung jawabnya cepat, aman tepat efisien.

Baca Selanjutnya