KONSTRUKSI: Kecelakaan Konstruksi Tertinggi, Kementerian PUPR Gerah

Web Konstruksi 59KECELAKAAN BIDANG KONSTRUKSI SEOLAH TIADA HENTI, KEMENTERIAN PUPR DIBAWAH MENTERI BASUKI HADIMULJONO MERESPON DENGAN MELAKUKAN GERAKAN PEMBUDAYAAN K3 DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN DAN MITRANYA MELALUI AKSI PENERBITAN REGULASI, EDUKASI, IMPLEMENTASI DAN PENGAWASAN KETAT.

Kecelakaan kerja terjadi di proyek pengembangan yang berada di RSJ Amino Gondohutomo Semarang, dua orang tewas akibat tertimpa tiang pancang yang sedang dipindahkan menggunakan crane. Kecelakaan seperti ini nyaris hampir setiap hari mewarnai media cetak, online dan elektronika.Hal itu juga diakui oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku Pembina Utama bidang jasa konstruksi.

Kecelakaan kerja konstruksi memang menjadi penyumbang terbesar kecelakaan kerja di Indonesia. Data mengenai proporsi kecelakaan kerja di Indonesia sektor konstruksi menjadi penyumbang terbesar yakni sebesar 32%. Apalagi, di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah dimulai tahun 2016. Persaingan akan makin ketat. K3 bukan sekedar tuntutan tetapi sudah menjadi kewajiban yang paling mendasar bagi semua perusahaan termasuk konstruksi jika tidak ingin ditinggalkan. Wajar jika banyak pihak mempertanyakan kapabilitas perusahaan Indonesia bersaing pada era MEA saat ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam berbagai kesempatan menegaskan bahwa kepedulian terhadap Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di bidang kontruksi masih rendah. Menteri PUPR bahkan tidak menutupi rasa kecewanya ketika berkumpul bersama sejumlah perwakilan konsultan dan kontraktor besar di gedung Kementerian PUPR beberapa waktu lalu.

Tujuan Kementerian mengumpulkan para konsultan dan kontraktor besar adalah untuk meminta komitmen mereka mengimplementasikan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja atau SMK3. Pasalnya, berdasarkan hasil pantauan yang dilakukan Kementerian PUPR terhadap pelaksanaan kontruksi proyek-proyek infrastruktur pemerintah, tingkat implementasi SMK3 masih sangat minim. Basuki berkali-kali mengungkapkan harapan akan adanya perbaikan pelaksanaan K3 di lingkungan  Kementerian PUPR. Banyaknya peristiwa kegagalan konstruksi yang terjadi beberapa tahun terakhir sudah cukup menjadi petunjuk ada yang salah dalam pelaksanaan kontruksi di Indonesia.

Baca Selanjutnya