WACANA: Menjawab Tantangan K3 ' Generasi Y'

Web Wacana 59KARYAWAN MUDA SEKARANG BANYAK YANG TIDAK LOYAL, KURANG ETIKA, SUSAH DIATUR, DAN SEENAKNYA SENDIRI. PENDAPAT SEPERTI INI SERING TERDENGAR PADA SAAT INI DARI PARA PEMIMPIN PERUSAHAAN.

Sebuah riset dari careerbuilder.com dengan melibatkan 2.500  pimpinan perusahaan dan manajer menemukan bahwa terdapat jurang perbedaan yang begitu besar antara jajaran manajer dengan pekerja mudanya. Para pekerja muda dianggap sebagai pekerja yang sulit diatur, susah bertanggung jawab dan memiliki gaya komunikasi yang berbeda dengan para pendahulunya.

Pendapat dari para pemimpin dan manajer seperti di atas sebenarnya tidak begitu mengejutkan karena di Indonesia dan di dunia pada saat ini sedang terjadi perubahan generasi tenaga kerja. Para manajer dan pemimpin perusahaan, biasa disebut “Generasi X”, akan mulai digeser secara perlahan oleh para pekerja muda yang biasa disebut “Generasi Y”. Tentunya, perubahan generasi ini membuat sebuah tantangan baru dalam bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Secara teoritis, sebuah generasi terbentuk sebagai kelompok yang memiliki kesamaan tahun kelahiran, umur, lokasi dan kejadian geopolitik yang signifikan pada tahap kritis perkembangannya. Sebuah generasi menjadi berbeda dengan generasi yang lain karena ada faktor perubahan secara makro yang terjadi di suatu lokasi tertentu.

Dalam dunia Sumber Daya Manusia, setidaknya terdapat 3 generasi yang saat ini ada dalam angkatan kerja. Pertama, Generasi Baby Boomers, merupakan generasi yang lahir di tahun 1945-1965, saat ini mereka sudah masuk masa pensiun. Karakter penting generasi ini adalah mereka hidup pada saat masa-masa perang sehingga mereka hidup dengan penuh perjuangan. Mereka tumbuh ketika fondasi awal keselamatan dan kesehatan kerja di Indonesia dibuat. Kedua, Generasi X, merupakan generasi yang lahir di antara tahun 1965-1980. Mereka menduduki jabatan pimpinan perusahaan pada saat ini. Mereka tumbuh ketika keselamatan dan kesehatan kerja masih belum banyak mendapatkan perhatian.Ketiga, Generasi Y, merupakan generasi yang lahir di antara tahun 1980-2000. Mereka adalah generasi yang baru memasuki dunia kerja pada saat ini. Mereka tumbuh ketika keselamatan dan kesehatan kerja sudah lebih baik.

K3 untuk Generasi Y Di Indonesia sendiri, terdapat lebih dari 80 juta Generasi Y pada tahun 2010 dan akan meningkat menjadi 90 juta pada tahun 2030. Ini berarti 1/3 masyarakat Indonesia adalah Generasi Y. Mereka akan menggerakkan Ekonomi Indonesia dalam 10 tahun mendatang. Mereka juga akan menjadi target utama dalam implementasi K3. Sebelum merumuskan implementasi K3 yang tepat untuk para Generasi Y, para profesional K3 harus memahami ciri khusus Generasi Y. Sebagian dari ciri Generasi Y adalah sebagai berikut di bawah ini. Pertama, Cerdas Teknologi, mereka tidak bisa dipisahkan dari alat komunikasi dan teknologi. Mereka mampu mendapatkan informasi, termasuk informasi K3, lebih cepat daripada generasi yang sebelumnya. Baca Selanjutnya