Laporan Utama: Kesunyian Di Tengah Keruihan Pilkada

Ilus Web Laput 62TIDAK SEPERTI TAHUN-TAHUN SEBELUMNYA BULAN K3 NASIONAL KALI INI TERGOLONG SEPI, KERIUHAN ACARA DI LEMBAGA USAHA MAUPUN PEMERINTAH DALAM PERINGATAN PUN TIDAK SEPERTI TAHUN-TAHUN SEBELUMNYA. ADAKAH PENGARUH PILKADA TAHUN INI?

Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) telah disepakati setiap tanggal 12 Januari-12 Pebruari di setiap tahunnya melalui keputusan menteri yang ditetapkan setiap lima tahun sekali. Tahun ini merupakan tahun ketiga sejak menteri Muhammad Hanif Dhakiri menjabat sebagai Menteri Ketenagakerjaan menggantikan Muhaimin Iskandar pada 2014.

Peringatan di ruang publik di 2017 sepertinya berjalan kurang gaung, bisa jadi karena fokus masyarakat pada Pilkada di seantero negeri yang penuh dengan keriuhan. Pilkada penting, tetapi banyak juga hal penting lainnya termasuk K3. Isu ini menjadi isu sunyi namun mudah-mudahan bukan sunyi dalam arti kesadaran.

Tokoh WEB Hanif DhakiriSeperti era kementerian sebelumnya, visi yang diusung adalah “Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2020”. Artinya, masyarakat Indonesia harus berbudaya K3 di Tahun 2020. Di tengah isu Pilkada dengan seabrek programnya, tak satu pun dari calon yang menyuarakan K3 atau keselamatan. Sementara masyarakat K3 tahu, banyak persoalan yang membebani program Negara yang satu ini. Boleh jadi ini bentuk keperpihakan yang masih belum tegas atas isu kematian pekerja. Atau, K3 memang belum mendapat posisinya di negeri ini. Kondisi ini telah memberikan ruang tanya, apakah seperti era sebelumnya, bahwa visi ini hanya sebuah harapan tanpa progress yang jelas. Setidaknya inilah yang selalu menjadi pertanyaan dari berbagai kalangan.

Banyak asa kepada pemerintah, terutama Kemnaker sebagai garda terdepan dalam menggiring UU No. 1 Tahun 1970. Maka seperti tahun-tahun sebelumnya Kemnaker menggelar acara Bulan K3 di gedung Kementerian, walau sepi acara upacara bendera peringatan pun terlaksana dengan baik. Dihadiri oleh pejabat pemerintah pusat dan provinsi, para pimpinan asosiasi K3, anggota serikat pekerja/serikat buruh tingkat pusat, dan lembaga auditor K3, Kemnaker mengambil tema “Dengan Budaya K3 Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia Menuju Masyarakat yang Selamat, Sehat dan Produktif”. Peringatan Hari K3 dipusatkan di kantor Kementrian Ketenagakerjaan dipimpin oleh Menteri Muhammad Hanif Dhakiri. Dalam sambutannya menteri menyampaikan beberapa capaian dan harapan pelaksanaan K3.

Baca Selanjutnya