KEBAKARAN: ADA ASAP BELUM TENTU ADA API

11. Kebakaran 73BANYAK ORANG MENGIRA TERJADI KEBAKARAN KARENA ADA KEPULAN ASAP, PADAHAL BISA JADI KARENA ADANYA KERUSAKAN SISTEM AEOROSOL. UMUMNYA, SISTEM TERSEBUT BEKERJA SAAT ADANYA PANAS ATAU API.

Masyarakat Jakarta, pada 23 Februari 2020, dikejutkan oleh berita kebakaran di Gedung DPR RI Nusantara III. Di sejumlah media televisi disiarkan bangunan bertingkat di kawasan Senayan itu tertutupi asap putih dan para anggota dewan, tamu dan petugas melakukan penyelamatan diri keluar gedung. Beberapa saat tampak sejumlah mobil dan petugas Dinas Kebakaran berdatangan melaksanakan SOP (Standard Operating Procedure) menghadapi kepulan asap putih dengan mencoba masuk memakai Alat Bantu Pernapasan/SCBA (Self Contained Breathing Apparatus.

Namun beberapa saat kemudian Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana memastikan tidak ada kebakaran di Gedung Nusantara III DPR RI. Kepulan asap diduga karena adanya kerusakan sistem aeorosol. Sistem tersebut seharusnya bekerja pada saat adanya panas atau api, namun secara tiba-tiba saat itu mengeluarkan asap sehingga terkesan telah terjadi kebakaran.

“Saya sampaikan kembali, tidak ada kebakaran, yang ada adalah error system, jadi ada sistem pemadam kebakaran di DPR, ruang tersebut di lantai dua ada sekitar 10 aerosol yang ada di situ, ada kemungkinan ini eror,” kata Kapolda saat konferensi pers di Gedung Nusantara III DPR, setelah asap menghilang.

Api Kebakaran dan Asap

Api adalah oksidasi cepat terhadap suatu material dalam proses pembakaran kimiawi, yang menghasilkan panas, cahaya, dan berbagai hasil reaksi kimia lainnya. Sedangkan asap adalah suspensi partikel kecil di udara yang berasal dari pembakaran tidak sempurna dari suatu bahan bakar. Bila kebakaran terjadi di rumah, tempat kerja, hotel, industri, di darat, laut dan udara, maka perlu waspada karena tempat tersebut akan menjadi tempat yang mematikan. Manusia dan makhluk hidup lainnya akan kesulitan bernapas disebabkan tempat tersebut kehabisan oksigen karena asap, barang terbakar maupun keduanya. Baca Selengkapnya.