PROFIL: Bermimpilah dan Wujudkan...

2. Profil 73TERUS BELAJAR DAN TETAP RENDAH HATI, BEGITULAH CARA SANG PEMIMPIN INI MENAHKODAI KAPAL BESAR BERNAMA PAMAPERSADA. K3 DIBUATNYA MENJADI PIJAKAN BISNIS PENTING DALAM MENJAGA AGAR PERUSAHAAN BERTUMBUH DAN BERDAYA SAING. IA PUN MEYAKINI BAHWA ‘ALL INCIDENT ARE PREVENTABLE’.

Berani bermimpi dan memaknai hidup sebagai perjuangan, Ari Sutrisno pun berhasil menggapai apa yang diinginkannya. Duduk sebagai salah satu petinggi di PT Pamapersada Nusantara, pria ini mengaku tugas yang diembannya adalah amanah yang harus dijalankan dengan sepenuh hati.

Tanpa semangat itu, rasanya mustahil Ari mampu melakoni tugasnya. Sekarang ini saja, ia harus membimbing lebih dari 25.000 karyawan di 30 anak perusahaan Pama Grup. Tugasnya sangat berat yakni menjadikan karyawan selamat, produktif dan kondusif.

Dijelaskan Ari bahwa ada empat divisi utama di direktorat HCGS dan SHE, yaitu  Divisi CSR and General Service, Divisi Human Capital and Learning, Divisi Culture & Knowledge Management, serta Divisi SHE.

Satu hal kunci dalam mengelola ini semua adalah budaya K3. “K3 merupakan kebutuhan, sekaligus wujud syukur kita kepada Yang Maha Kuasa. Ketidak­pedulian dalam K3 berarti ketidakpedulian pada bisnis itu sendiri dan tentunya juga tidak mensyukuri nikmat yang sudah Tuhan berikan pada kita. Selain itu, K3 yang baik akan menjadikan bisnis tumbuh dengan baik,” jelas pria yang juga menjabat sebaga Vice Chairman Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia dan tidak tertarik masuk di dunia politik ini.

Lebih konkretnya, lulusan Kimia Institut Teknologi Bandung ini menegaskan bahwa persoalan keselamatan kerja tidak seharusnya dilakukan saat bekerja di kantor saja, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Khusus untuk Pama, dikatakan Ari pihaknya menerapkan ‘sel-sel nilai inti’. Sel-sel ini diawasi para counter parts yang beranggotakan para general manager dan direktur anak perusahaan.

“Mereka bersama direksi melakukan control dan coaching implementasi nilai inti sampai ke project-project di lapangan, guna mewujudkan PAMA berbudaya K3 yang lebih baik lagi dari waktu ke waktu,” paparnya.

Perbaikan Bidang K3

Bicara tentang K3 di Indonesia, Ari me­ngatakan sudah makin membaik. Menurut data kecelakaan kerja di BPJS tahun 2019, ia menggarisbawahi terjadi penurunan jumlah kecelakaan kerja dibanding tahun 2018.

Namun hal ini belumlah cukup. Ari berharap kesadaran masyarakat keseluruhan terus ditingkatkan, seperti halnya kesadaran masyarakat berlalu lintas yang masih jauh dari harapan. Termasuk kesadaran akan keselamatan terhadap wabah Covid-19 yang sekarang ini tengah terjadi, di mana masyarakat, masih banyak yang abai tentang PSBB yang sudah dicanangkan pemerintah.

Baca Selengkapnya.